5 Inspirasi Furnitur Multifungsi untuk Menghemat Ruang di Rumah Mungil Anda

Punya banyak kebutuhan tapi ruangan rumah terlalu sempit? Permasalahan utama dalam rumah mungil adalah ruangan yang terbatas, sehingga menyulitkan Anda dalam memilih furnitur yang tepat. Nah untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa beralih dengan menggunakan furnitur multifungsi. Furnitur multifungsi ini dimaksimalkan agar dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Tak hanya menghemat ruang, dengan menggunakan furnitur multifungsi Anda pun dapat menghemat bujet, lho. Penasaran ide furnitur multifungsi apa saja yang dapat Anda gunakan pada rumah mungil? Ini dia inspirasinya.

1. “The box of life,” satu barang dengan segudang fungsi
Konsep “the box of life”, via scavolini.design

Sesuai dengan namanya, “The box of life,” furnitur ini tak hanya memiliki tempat tidur atau kasur di bagian atasnya, tetapi juga dapat mengakomodasi semua kebutuhan hidup dari pemiliknya. Desain furnitur multifungsi ini menyatukan tempat tidur dengan desain lemari terbuka. Mirip seperti desain bunk bed, tempat tidur ditempatkan di bagian atas. Sedangkan, bagian bawahnya dapat dimanfaatnya sebagai tempat penyimpanan. Sangat pas untuk menjadi furnitur rumah mungil Anda ‘kan?

2. Lemari dapur sekaligus meja makan lipat
Lemari dan meja makan, via midotrust.com

Dapur Anda berukuran mungil dan sulit untuk menyimpan berbagai peralatan dapur? Inspirasi furnitur hemat tempat berikutnya sangat pas untuk dijadikan pilihan, lho. Pilihlah furnitur lipat yang dapat berfungsi sebagai lemari penyimpanan sekaligus meja makan. Desainnya yang unik membuatnya sama sekali tidak terlihat bahwa lemari dan meja makan ada di satu benda yang sama. Ukuran mejanya pun cukup luas untuk dua hingga empat orang. Di dalamnya juga terdapat rak tambahan untuk menyimpan barang lainnya.

Furnitur lipat ini sangat praktis dan membuat ruangan tetap terlihat luas dan rapi karena hanya digunakan saat diperlukan saja. Sangat kreatif ya?

3. Tempat penyimpanan di bawah sofa ruang tamu
Sofa dengan tempat penyimpanan, via houzz.in

Cara yang paling efisien untuk memaksimalkan ruang tamu mungil Anda adalah dengan menggunakan sofa custom made dengan tempat penyimpanan di bagian bawahnya. Saat sedang digunakan, tidak akan ada yang tahu bahwa di bawah sofa ini terdapat tempat penyimpanan yang besar. Berbagai barang keperluan Anda pun dapat tersimpan dengan rapi di bawah sofa. Tips yang satu ini akan membuat ruangan terasa lebih lapang dan rapi sepanjang waktu.

4. Tempat tidur sekaligus meja kerja/belajar
Tempat tidur tingkat dengan meja, via ros1.com

Kamar tidur merupakan tempat yang paling personal di dalam rumah. Untuk itu, kenyamanan dari kamar tidur sangat penting agar Anda bisa beristirahat secara maksimal. Kamar tidur pun harus memenuhi berbagai kebutuhan penghuninya. Untuk kamar tidur mungil, Anda bisa menggunakan desain tempat tidur tingkat dengan meja di bagian bawahnya. Area yang tersisa di bawah meja juga dapat dimanfaatkan untuk menyimpan kotak penyimpanan. Kasur multifungsi yang praktis dan hemat tempat seperti ini memberikan ruang gerak lebih luas di dalam kamar.

5. Murphy bed
Murphy bed yang bisa dilipat untuk dijadikan ruang belajar, hunian karya Fiano dan Aksioma Design & Construction, via arsitag.com

Murphy bed saat diguanakan sebagai tempat tidur, kamar tidur karya Fiano dan Aksioma Design & Construction, via arsitag.com

Tempat tidur murphy semakin menjadi tren untuk digunakan pada rumah atau apartemen mungil. Desain furnitur multifungsi ini dapat dengan mudah dilipat ke dinding saat sedang tidak digunakan. Dengan begitu, tempat tidur yang berukuran besar pun tidak akan membuat ruangan menjadi sempit karena dapat disembunyikan dengan mudah. Ruangan pun dapat digunakan untuk aktivitas lainnya saat tempat tidur telah disimpan.

Wah, ternyata banyak sekali ya, ide furnitur multifungsi yang dapat membuat rumah mungil terasa lebih lapang dan nyaman. Anda pun dapat menghemat bujet karena sudah bisa mendapatkan beberapa fungsi hanya dalam satu furnitur. Kira-kira mau memilih furnitur yang mana, nih?

Related Posts

Tinggalkan Balasan