Desain Interior Apartemen Eklektik Kontemporer yang Glamor dan Elegan

Ingin menerapkan gaya yang berbeda, unik, dan one of a kind pada hunian Anda? Salah satu inspirasi desain yang bisa Anda pelajari adalah desain apartemen eklektik kontemporer yang ada pada apartemen yang satu ini. Eklektik sendiri merupakan desain yang pada dasarnya gabungan dari beberapa gaya desain sekaligus, sementara kontemporer adalah gaya desain yang merepresentasikan gaya yang sedang tren saat ini.

Desain interior pada apartemen karya TMS Creative ini mengusung konsep eklektik kontemporer dengan sangat unik dan berkarakter. Walaupun desainnya merupakan penggabungan dari beberapa gaya desain, interior yang ada pada apartemen tetap terlihat serasi, elegan, dan mewah. Penasaran? Yuk, kita lihat.

Interior Penuh Detail dan Motif
Interior penuh detail karya TMS Creative, via arsitag.com

Pada interior yang menggunakan gaya eklektik, Anda dapat melihat penggunaan dekorasi yang penuh detail dan bernilai seni sangatlah dominan. Anda akan serasa masuk ke dalam galeri seni yang indah dan penuh dengan detail motif yang menawan. Hal ini pun terlihat jelas pada ruang apartemen yang dipenuhi oleh perabotan dengan motif dan ukiran yang detail, serta bantal sofa bermotif mewah.

Tak hanya itu, motif yang digunakan pada bantal sofa, kursi, hingga karpet pun terkesan bertabrakan karena memiliki keunikannya tersendiri. Namun, pemilihan warna dan motif yang cerdas membuat ruangan justru terlihat cantik dan glamor.

Perpaduan Warna Cerah
Warna cerah desain interior kamar tidur karya TMS Creative, via arsitag.com

Apartemen dengan gaya eklektik ini jauh dari kesan kusam karena menggunakan warna cerah yang kemudian dipadukan dengan warna cerah lainnya pada satu ruangan. Perpaduan warna ini memang merupakan salah satu ciri khas lainnya dari desain interior eklektik. Walaupun seolah bertabrakan, tetapi perpaduan warna ini menjadi keunikan tersendiri yang membuatnya memiliki nilai seni dan unik, tetapi tetap memberikan nuansa yang nyaman saat dihuni.

Tak hanya pada dinding, perpaduan warna ini juga bisa Anda temukan pada barang-barang yang ada. Seperti pada warna furnitur hingga gorden.

Furnitur Estetik namun Fungsional
Desain ruang makan dan dapur yang estetik namun fungsional karya TMS Creative, via arsitag.com

Tak hanya mengutamakan penggunaan perabot yang indah, desain ruangan dengan gaya eklektik juga identik dengan pemakaian perabot yang praktis dan fungsional. Seperti pada apartemen ini yang menggabungkan antara perabotan vintage dan modern. Misalnya, dengan penggunaan kursi rotan pada meja makan, dipadukan dengan kitchen set dan rak gantung melayang yang bergaya modern.

Lantai Kayu
Desain kamar tidur dengan lantai kayu karya TMS Creative, via arsitag.com

Walaupun gaya eklektik didominasi oleh dekorasi dan perabotan yang bernilai seni tinggi, namun ada karakter khusus yang biasanya selalu diterapkan pada bagian lantainya. Lantai pada gaya eklektik memanfaatkan penggunaan material kayu atau lantai parket yang dihiasi dengan karpet khas Turki atau India yang biasanya bermotif unik dan elegan.

Wallpaper Dekoratif
Penggunaan wallpaper dekoratif oleh TMS Creative, via arsitag.com

Selain pada dekorasi dan furnitur, dinding pada desain apartemen eklektik ini pun turut dihias menggunakan wallpaper. Umumnya, gaya eklektik memang kerap mengadopsi penggunaan wallpaper dekoratif dengan warna dasar yang cerah seperti kuning, putih, biru, atau cokelat. Wallpaper cantik ini menjadi dinding aksen ruang kerja, yang hanya dibatasi dari ruang makan oleh sekat tembus pandang dengan pola herringbone berbahan metal.

Open Plan Layout
Konsep open floor karya TMS Creative, via arsitag.com

Desain interior kontemporer kerap mengusung konsep open plan layout yang bersifat fleksibel. Pada apartemen yang biasanya memiliki luas terbatas, konsep ini pun dapat memberikan kesan ruangan yang lebih luas dan lapang. Tak hanya itu, sirkulasi udara dan persebaran cahaya matahari di dalam ruangan pun menjadi lebih lancar. Tidak hanya di ruang kerja, sekat tembus pandang motif herringbone juga dipakai sebagai pembatas ruang tamu, sehingga lebih terasa luas dan terbuka.

Konsistensi warna memegang peran penting dalam menghasilkan alur yang harmonis terhadap keseluruhan ruangan apartemen. Dapat dilihat, warna biru menjadi warna aksen yang dapat ditemukan di setiap ruangan. Warna biru yang menyala berhasil membawa suasana segar di tengah dominasi warna netral putih, krem, dan kayu.

Related Posts

Tinggalkan Balasan