Desain Interior Apartemen minimalis Serba Putih yang Simpel dan Elegan

Dominasi warna putih pada desain interior apartemen minimalis yang akan diulas kali ini terlihat super elegan dan tetap nyaman. Warna putih merupakan warna favorit untuk diterapkan dalam desain interior apartemen minimalis, mengingat kemampuannya dalam menghadirkan kesan ruangan yang bersih, lapang, dan lebih luas dari ukuran sebenarnya. Hal ini menjadi konsep dasar interior perpaduan kayu dan putih dalam apartemen mungil berukuran 141 m2 yang berada di daerah Jakarta ini.

Konsep Open Plan
Open plan dengan dukungan warna putih yang netral dan penerangan berlimpah, karya TIES Design & Build, via arsitag.com

Penggunaan konsep open plan merupakan pilihan yang paling masuk akal untuk diterapkan dalam hunian berukuran mungil. Dapur, ruang makan, serta ruang keluarga berada pada satu area yang sama. Kemudian, desainer menambahkan beberapa elemen dari material dan warna berbeda dengan tujuan membuat tampilan keseluruhan area tidak membosankan, atau terkesan steril akibat dominasi warna putih. Ditambah, jendela atau dinding kaca besar di salah satu sisi apartemen menjadi sumber masuknya cahaya matahari yang mempertegas kesan luas dan lapang ke seluruh area.

Material Kayu yang Hangat
Penggunaan material kayu yang secara cerdik mampu melawan kesan steril dari dominasi warna putih pada ruangan, karya TIES Design & Build, via arsitag.com

Penggunaan furnitur kayu dalam desain apartemen minimalis ini memberikan dua manfaat sekaligus. Dari segi warna, warna cokelat kemerahan dari material ini terlihat kontras dengan dominasi warna putih. Dari sisi lainnya, material kayu dikenal dengan kemampuannya dapat memberikan rasa hangat dan nyaman. Suasana inilah yang kemudian terpancar dengan jelas dalam apartemen minimalis elegan. Material kayu terutama dipergunakan sebagai bagian furnitur yang ada dalam ruangan, seperti kursi makan, kaki meja, dan lemari kabinet.

Finishing Marmer yang Mewah dan Elegan
Marmer putih dengan pola vein hitam untuk tampilan elegan dan mewah pada ruangan, karya TIES Design & Build, via arsitag.com

Dominasi warna putih yang simpel pada apartemen minimalis ini terlihat lebih menawan dan elegan berkat penambahan material lain berupa batu alam marmer. Marmer dikenal sebagai batu alam yang kuat, tahan lama, serta memberikan tampilan mewah dan elegan. 

Apartemen minimalis ini mempergunakan jenis marmer putih dengan pola vein hitam yang diaplikasikan sebagai backsplash pada meja dapur serta permukaan meja makan.  Pola vein pada marmer bermanfaat memecah kekakuan dari dominasi warna putih polos pada seluruh area, dan pada saat yang bersamaan memberikan tampilan yang mewah terhadap apartemen kecil elegan.

Area Kerja di Pojok Ruangan
Meja kerja dengan kaki yang ramping dan rak buku built-in sebagai strategi pemanfaatan ruang yang terbatas, karya TIES Design & Build, via arsitag.com

Untuk mendukung produktivitas kerja sang pemilik apartemen, sebuah area kerja mungil nan minimalis dan nyaman disediakan di salah satu pojok ruangan. Meja kerja dengan kaki-kaki yang ramping diletakkan tepat di samping rak buku built-in sebagai area penyimpanan material kerja. Jendela kaca di belakang meja menjadi sumber penerangan dari pagi hingga sore hari. Berbeda dengan ruangan lainnya, lantai ruangan di area kerja ini terbuat dari kayu yang semakin menguatkan kesan hangat dan nyaman.

Desain Kamar Tidur Mungil yang Super Cozy
Perpaduan warna putih dan cokelat kayu yang super cozy untuk waktu istirahat yang nyaman, karya TIES Design & Build, via arsitag.com

Kamar tidur pada apartemen minimalis ini pun berukuran mungil, namun tetap didesain dengan kenyamanan sebagai faktor utama. Sekali lagi, warna putih menjadi warna pilihan utama yang diaplikasikan pada dinding, lampu pendant yang menggantung di kedua sisi headboard, dan tentu saja pada tempat tidur. Hal yang membedakan ruangan ini dengan ruangan lainnya adalah penggunaan lantai kayu dan juga dinding kayu yang memisahkan antara area tempat tidur dengan area kamar mandi. Sentuhan pintu dorong kaca frosty menjadi sentuhan akhir yang mempermanis seluruh ruangan tanpa memberikan kesan terlalu berlebihan.

Pemilihan material kayu dan nunasa serba putih kemudian ditambahkan material marmer, menjadi kesatuan lengkap yang menghasilkan tampilan apartemen simpel nan elegan. Permainan tekstur pada material kayu secara efektif memecah kesan dingin dari dominasi dinding berwarna putih. Jangan lupa, perhatikan pula penataan pencahayaan di sudut-sudut yang tepat untuk menghasilkan suasana cozy yang diinginkan.

Related Posts

Tinggalkan Balasan