Ide Kreatif Lampu Taman Rumah untuk Memperindah Suasana

Anda sedang kepikiran untuk memberi sentuhan lebih terhadap halaman rumah Anda? Selain tanaman, terdapat beberapa elemen yang bermanfaat sebagai dekorasi taman rumah, salah satunya adalah lampu taman. Bisa dibilang, keberadaan lampu pada taman rumah sangatlah penting. Selain memberi penerangan untuk keamanan, dekorasi lampu taman ampuh meningkatkan nilai estetika pada taman itu sendiri. Sebagai elemen estetika, maka tak heran jika lampu taman umumnya memiliki desain yang menarik nan unik.

Sebagai referensi, berikut adalah beberapa contoh ide kreatif lampu yang bisa memperindah tampilan taman di rumah Anda.

1. Bertabur Lampu di Ranting Pohon
Lampu bersanding indah dengan ranting pohon, foto oleh Asia Culture Center, via unsplash.com

Adakalanya, malam tidak selalu ditemani bintang. Lalu, bagaimana jika Anda menciptakan sendiri bintang tersebut? Hal ini bisa dilakukan dengan memasang lampu-lampu di atas ranting pohon. Selain akan membuat taman terlihat cerah, taman juga akan lebih menarik untuk didatangi. Bersantai bersama keluarga pun akan lebih berkesan dilakukan jika taman rumah Anda bertabur lampu bak bintang seperti ini.

2. Cantik Meski Minimalis
Taman rumah yang terang, karya Saga Contractor, via arsitag.com

Desain minimalis memang tak pernah salah. Desain yang sederhana justru membuatnya fleksibel untuk dipakai dalam banyak kondisi, termasuk untuk urusan lampu taman. Desain lampu taman minimalis merupakan pilihan tepat untuk Anda yang menginginkan tampilan taman yang simpel namun tetap mewah. Seperti pada taman rumah karya Saga Contractor di atas, tampak lampu menjadi sumber penerangan yang terlihat elegan. Lampu ini tampil cantik, baik jika ditempatkan acak di titik-titik tertentu atau dibuat berjajar sebagai pengarah jalan.

3. Pencahayaan Dinding dari Atas
Desain taman minimalis, karya GUA, via arsitag.com

Lampu dinding untuk taman juga merupakan jenis pencahayaan yang tidak hanya fungsional tetapi juga sebagai sumber estetika. Cobalah jenis lampu dinding simpel yang dapat diaplikasikan menjadi lampu taman minimalis. Seperti taman di atas sebagai contoh yang mungkin cocok untuk taman rumah Anda. Lampu taman ini diletakkan di bagian atas dinding kayu, sehingga memberi efek pencahayaan dari atas. Lampu taman seperti ini cocok dipakai untuk mengekspos pola, tekstur, atau karakter khusus pada dinding.

4. Lampu Taman Desain Tradisional
Model lampu taman ala Jepang, foto oleh Tomato Uncle, via unsplash.com

Ingin nuansa yang berbeda? Coba hadirkan lampu taman dengan konsep tradisional Jepang. Desain ini tentu saja sangat sesuai jika dipakai untuk taman bertema senada. Di Indonesia sendiri, ada banyak pilihan lampu taman bertema tradisional, seperti berbentuk obor atau rumah tradisional. Bahannya juga beragam, ada yang memakai bambu, kayu, hingga batu.

5. Unik dengan Lampu Gantung
Lampu gantung bulat di taman, foto oleh Armando Castillejos, via unsplash.com

Lampu yang Anda miliki di rumah juga bisa dikreasikan sesuai imajinasi. Alih-alih menjadikannya standing lamp, bohlam lampu berbentuk bola ini justru tampil memukau lantaran digantung. Memberikan perbedaan ketinggian untuk beberapa lampu, juga menjadi ide brilian sehingga terlihat lebih atraktif. Untuk pemasangan yang lebih aman, tentu saja Anda harus memperhatikan material rangka untuk menggantung lampu. Pastikan rangka kokoh untuk menahan beban lampu.

6. Kreatif dengan Lampu Motif
Lampu lentera bermotif memperindah taman, foto oleh Anthony Cantin, via unsplash.com

Memberikan motif pada bohlam atau kap lampu tentu menjadi ide kreatif yang akan membuat lampu taman terlihat unik. Pilihan motif tinggal disesuaikan dengan tema taman rumah Anda. Selain cantik secara tampilan, lampu bermotif juga menghasilkan efek bayangan yang unik. Coba letakkan lampu ini di dekat dinding, dan lihatlah celah-celah motif akan menghasilkan pola pantulan cahaya yang menghiasi dinding.

Umumnya, lampu taman menggunakan warna kuning temaram yang mampu menciptakan suasana cozy dan romantis. Pastikan, tentukan titik yang akan menjadi perhatian utama pada taman Anda. Kemudian, biarkan lampu taman yang akan menonjolkan bagian tersebut. Lalu, kreasi lampu taman seperti apa yang menarik perhatian Anda?

Related Posts

Tinggalkan Balasan