Ide Kreatif Mendesain Rak Buku Idaman Cantik untuk Perpustakaan Pribadi Anda

Koleksi buku yang berjajar dalam rak buku acap kali merepresentasikan pemilik rumah berasal dari kalangan terpelajar, penyuka buku, atau hobi membaca. Bagi mereka, koleksi buku yang berharga wajib disimpan dalam sebuah tempat yang layak. Nah, jika Anda termasuk pecinta buku, simak inspirasi perpustakaan pribadi yang stylish dan sekaligus mempercantik rumah!

Desain Wall to Wall
Desain rak buku memenuhi dinding ruangan, oleh Dresner Design, via Elledecor.com

Desain rak buku wall to wall sangat cocok bagi Anda yang memiliki koleksi buku melimpah. Desain rak buku dibuat memenuhi seluruh dinding sehingga mampu menyediakan ruang penyimpanan yang luas. Ide rak buku wall to wall yang dipenuhi susunan buku sekaligus menjadi latar belakang yang artistik untuk ruang keluarga.

Rak Buku di Sisi-sisi Pintu
Desain rak buku di kedua sisi pintu, oleh Glenn Gissler, via Elledecor.com

Dinding pada sisi-sisi pintu yang kosong bisa menjadi tempat favorit untuk membangun rak buku. Seperti pada inspirasi ini, seluruh dinding di sisi kanan dan kiri pintu dipenuhi dengan rak-rak buku hingga ke langit-langit. Dengan cara inilah terbentuk gerbang rak buku yang unik!

Material Kaca Bening untuk Ciptakan Kesan Luas
Desain rak buku dengan dinding kaca, oleh Hubert Zandberg Interiors, via Elledecor.com

Tak ingin membuat ruangan terasa sempit dengan keberadaan rak buku? Mungkin desain rak buku transparan seperti ini yang Anda cari. Rak ini mengambil konsep rak buku terbuka dengan penggunaan material kaca bening. Rak buku transparan ini menciptakan kesan ruangan terasa luas.

Memanfaatkan Lorong
Desain rak buku di dinding lorong, oleh Woodford Architecture, via sebringdesignbuild.com

Lorong di dalam rumah biasanya gelap, sempit, dan tak menarik. Karena itulah, lorong atau koridor kerap dianggap sebagai ruang mati atau dead space. Namun, sebenarnya lorong bisa juga dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan buku. Caranya dengan menambahkan rak-rak buku di seluruh dinding hingga ke langit-langit di sepanjang lorong. Jangan lupa untuk menggunakan warna terang pada rak buku dan menambahkan beberapa lampu penerangan.

Sudut Terang yang Ideal untuk Rak Buku
Desain rak buku perpustakaan pribadi dengan sofa nyaman, oleh Thomas Loof, via Architecturaldigest.com

Sudut rumah dengan cahaya alami yang melimpah adalah tempat paling ideal untuk meletakkan rak buku. Misalnya saja, pada sisi dinding yang berdekatan dengan jendela. Desain rak buku yang simpel dan didominasi warna terang sangat cocok untuk sudut rumah seperti ini. Selain itu, desainnya yang memenuhi satu sisi dinding menciptakan kesan rak perpustakaan di rumah khusus pribadi. Rak buku dengan warna yang terang akan memantulkan cahaya dengan sempurna dan membuat sudut baca semakin terang.

Menyimpan Koleksi Buku di Kamar Tidur
Desain rak buku di belakang kasur kamar tidur, oleh Paul Dyervia, via Thisoldhouse.com

Tak harus di ruang keluarga atau ruang khusus, rak buku juga bisa ditambahkan di kamar tidur. Seperti pada inspirasi ini, ranjang kanopi minimalis berpadu cantik dengan rak buku. Rak buku tak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan buku-buku favorit saja, tetapi juga sebagai headboard sekaligus  backdrop yang keren.

Wallpaper di Rak Buku
Desain rak buku dengan background wallpaper motif, oleh Thomas Loof, via Architecturaldigest.com

Bosan dengan rak buku polos? Ide untuk menambahkan wallpaper pada rak buku memang bukan ide yang biasa. Tapi hasilnya sungguh luar biasa! Rak buku dinding yang awalnya polos jadi tampak lebih hidup dengan tambahan wallpaper di permukaannya. Rak buku pun menjadi bagian dari nuansa polychromatic yang ingin dibangun.

Memanfaatkan Plafon Tinggi
Desain rak buku tinggi sebagai sekat ruangan, oleh Scott Francesvia, via Architecturaldigest.com

Rak buku monumental ini dibangun dengan memanfaatkan plafon yang tinggi. Rak buku dirancang menjulang dari permukaan lantai hingga ke langit-langit rumah. Selain mampu menyediakan kapasitas penyimpanan buku yang banyak, rak buku ini juga berfungsi ganda sebagai penyekat antara ruang keluarga dan ruang makan. Rak buku sekat ruangan dibagi menjadi beberapa rak-rak besar terpisah, sehingga cahaya alami dan sirkulasi udara tetap terjaga dengan baik.

Nah, menciptakan rak buku yang stylish menjadi salah satu cara untuk membawa sensasi membaca layaknya di perpustakaan. Koleksi buku dengan rak buku yang ciamik pun bisa menjadi bagian dari dekorasi rumah yang berkelas. Jadi, Anda tertarik dengan desain rak buku yang mana?

Related Posts

Tinggalkan Balasan