Inspirasi Jendela Full dari Lantai sampai Plafon untuk Rumah Bermandikan Cahaya

Desain interior sebuah hunian terdiri dari berbagai aspek. Setiap aspek akan memberikan tampilan dan kesan yang berbeda tergantung dari eksekusi, gaya, serta finishing akhir yang dilakukan. Dari sekian banyak aspek, aspek desain yang dihadirkan dalam inspirasi jendelafull dari lantai sampai plafon akan memberikan kesan elegan dan mewah yang sulit untuk ditandingi.

Beberapa inspirasi jendela full berikut ini menunjukkan bahwa aspek desain jendela selayaknya dinding kaca dapat diterapkan dalam berbagai gaya. Mulai dari gaya tradisional, minimalis, hingga kontemporer. Apa pun gaya yang dipergunakan, hasilnya tetaplah mempesona.

Inspirasi Jendela Full bergaya Katedral

Desain jendela atap segitiga, karya Chad Mellon, via hunker.com

Desain jendela full hunian ini diterapkan dalam ruangan dengan plafon bergaya katedral. Hal paling menarik dari dinding jendela kaca ini selain bentuknya yang mengikuti bentuk plafon, yakni pemilihan warna bingkainya. Warna hitam yang membingkai jendela tersebut terlihat kontras di tengah dominasi warna putih pada dinding, plafon, serta furnitur lainnya. Sehingga memberikan tampilan yang elegan dan spesial.

Desain Jendela Full pada Ruangan Bergaya Modern Industrial

Desain jendela rumah bergaya modern industrial, karya Chango & Co., via hunker.com

Ruangan bergaya modern industrial hunian ini terlihat lebih menawan dengan penggunaan jendela full kaca pada salah satu sisi ruang keluarga. Desain jendela dinding kaca sengaja disusun dalam beberapa bingkai persegi, terlihat seirama dengan dua pilar kayu pada ruangan. Warna putih bingkai jendela melengkapi palet warna netral pada ruangan. Pada saat yang bersamaan, terlihat kontras dengan dinding bata ekspos.

Inspirasi Jendela Full dengan Fungsi Ganda

Desain jendela kamar tidur nuansa kayu solid, karya Austin Maynard Architects, via hunker.com

Begitu masuk ke dalam ruangan ini, perhatian Anda pasti akan langsung tertuju pada bingkai jendela kaca yang tidak biasa. Bingkai jendela dari kayu yang tersambung dengan tiang pada plafon kamar berfungsi ganda bukan hanya sebagai penyangga, tetapi juga sekaligus dekor ruangan. Detail kecil berupa penggunaan paku besi berukuran super besar memberi kesan raw dan alami, sesuai dengan pemandangan hijau di luar sana.

Jendela Full sebagai Sumber Pencahayaan Alami

Desain jendela ruang keluarga, karya Chase Daniel, via hunker.com

Inspirasi jendela full berikutnya terlihat istimewa berkat beberapa hal. Warna bingkai yang kontras dengan warna dinding merupakan salah satu di antaranya. Kehadiran jendela full ini turut melengkapi kehadiran beberapa skylight pada ruangan yang sama, dan hasilnya adalah ruangan yang full bermandikan cahaya.

Desain Jendela Full Kaca yang (hampir) Transparan

Desain jendela kamar tidur minimalis, karya Casa Legado, via hunker.com

Berbeda dengan inspirasi jendela full lain yang cenderung menggunakan bingkai dengan warna yang kontras dengan warna sekitarnya, jendela kamar tidur ini justru dihadirkan dengan warna yang sama. Hasilnya adalah tampilan jendela yang terlihat hampir transparan. Serta, memberi kesan seakan-akan tidak ada batas antara area di dalam dan luar ruangan.

Jendela Full Kaca Gaya Klasik yang Elegan

Desain jendela bergaya klasik, karya Alan Tansey, via hunker.com

Gaya atau desain interior klasik memiliki pesona tersendiri yang tidak dimiliki oleh gaya interior lain. Desain inilah yang diterapkan pada ruangan dan juga jendela full kaca dalam ruangan dominasi putih. Penggunaan moulding yang rumit di sekeliling jendela dan kemudian berlanjut ke plafon, memberikan kesan elegan yang tidak membutuhkan penambahan dekorasi lainnya.

Bingkai Jendela Full sebagai Frame Pemandangan

Desain jendela menghadap pemandangan alam, karya Describe the Fauna, via hunker.com

Inspirasi jendela full sekaligus dinding kaca menunjukkan pentingnya pemilihan bingkai. Bingkai hitam ini terlihat kontras dengan area interior kamar. Di saat yang sama, seakan-akan menjadi bingkai pemandangan alam di luar kamar.

Inspirasi Jendela Full untuk Menonjolkan Elemen Eksterior

Desain jendela yang menampilkan secondary skin, karya Stephen Paul, via hunker.com

Pemasangan jendela full kaca bukan hanya membuat sebuah ruangan bermandikan cahaya. Namun, juga untuk menonjolkan elemen eksterior yang berada tepat di luar jendela. Desain latticework beton di luar jendela melengkapi desain ekspos pada langit-langit ruangan.

Jendela Sekaligus Dinding Kaca

Desain jendela samping dapur, karya Hillary Bradford, via hunker.com

Inspirasi jendela full akan berfungsi bukan hanya sebagai jendela, namun juga sebagai dinding ruangan. Dinding kaca ini membatasi antara area indoor dengan outdoor, mulai dari dapur hingga ruang tamu. Untuk itu, tidak heran bila Anda akan menemukan beberapa buah pintu kaca pada deretan dinding ini, sebagai akses keluar masuk ruangan.

Jendela Kaca untuk Proses Transisi Indoor-Outdoor yang Mulus

Desain jendela karya Christopher Polly Architect, via hunker.com

Sekilas, seakan-akan tidak ada batasan antara area outdoor dengan indoor pada hunian yang satu ini. Nyatanya, terdapat jendela kaca dengan bingkai hitam yang serupa dengan bingkai hitam pada bagian teras yang membuat proses transisi antara dua area ini berjalan mulus.

Jendela full dapat sekaligus menjadi dinding kaca yang membuka pandangan luas ke area luar rumah. Efeknya, ruangan tentu saja menjadi terasa lebih lapang. Untuk membatasi pandangan dari luar, Anda dapat memasang tirai atau kerai yang bisa dibuka-tutup sesuai kebutuhan. Bila perlu, Anda bisa memasang partisi dalam ruangan untuk menutupi area yang lebih privat. Sudah siap memasang jendela full sekarang?

Related Posts

Leave a Reply