Tips Menata Kamar Anak dengan Perpaduan Warna Pastel Inspirasi Disney Frozen

Dengan adanya new normal, timbul kebiasaan baru di kalangan anak-anak. Mereka menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah saja, dan kebanyakan melakukan aktivitasnya di kamar tidur. Untuk membuat anak betah di kamar, diperlukan desain interior yang nyaman dan menarik. Salah satu alternatif untuk membuat kamar tidur anak agar menyenangkan adalah dengan menggunakan tema tertentu yang sesuai dengan kepribadian anak.

Penataan ruang dan pemilihan warna bisa menggunakan inspirasi dari berbagai karakter animasi favorit mereka. Salah satu animasi yang banyak digemari anak adalah Disney Frozen. Berikut adalah inspirasi desain interior bertema Frozen untuk kamar anak perempuan dengan ukuran ruang yang tidak terlalu luas.

Terinspirasi Disney Frozen yang memiliki alur cerita menarik
Tampak atas kamar anak perempuan dengan tema Frozen, ilustrasi dari penulis

Disney Frozen mengisahkan kehidupan saudara perempuan Elsa dan Anna yang tidak melulu akur-akur saja, tetapi mereka juga bertumbuh bersama dan berusaha mengerti satu sama lain. Pesan moral yang didapatkan dari film Frozen juga cukup banyak. Berbagai nilai seperti saling mengerti, pantang menyerah, dan menyayangi saudara, dapat memotivasi anak-anak agar bisa bertumbuh secara berdampingan sebagai adik-kakak. Seperti Elsa dan Anna yang saling melengkapi satu sama lain. Film Frozen menarik bukan hanya karena ceritanya saja, tetapi juga penataan latar tempat yang berwarna pastel dengan kombinasi warna yang selaras, sehingga cukup menarik untuk dijadikan referensi kamar anak Frozen.

Perpaduan warna pastel yang mendukung perkembangan anak
Salah satu dindinng dengan siluet Elsa dan Anna, ilustrasi dari penulis

Penggunaan warna pada kamar frozen minimalis terinspirasi dari color scheme Frozen 2 yang cenderung biru muda dengan kombinasi warna ungu muda dan merah muda. Sebagian dinding didominasi warna biru muda yang sangat menggambarkan latar di Frozen yang dipenuhi salju sepanjang tahun. Warna biru memberi efek tenang, damai, dan mencerminkan pengendalian diri. Psikologi warna bagi anak cukup penting. Agar ruangan tidak terkesan dingin akibat warna biru yang menyeluruh, perlu dipadukan juga dengan warna lain, seperti merah muda pada satu sisi dinding. Penggunaan kombinasi warna merah muda menjadi background dari siluet karakter Anna dan Elsa. Warna merah muda akan menimbulkan efek semangat, ceria, dan riang.

Suasana kamar saat malam hari, ilustrasi dari penulis

Selanjutnya, pada bagian lain ruangan digunakan warna ungu muda yang terletak pada bed cover ranjang anak. Warna ungu memiliki efek psikologis memberikan kenyamanan dan meningkatkan rasa percaya diri. Selain pemilihan warna pada dinding, pemilihan warna  furnitur juga menggunakan berbagai perpaduan warna-warni pastel yang beragam. Langkah yang bertujuan menstimulasi daya kreativitas anak dari kombinasi warna yang berbeda. 

Kombinasi warna yang tepat akan sangat membantu perkembangan anak dalam berbagai aspek, mulai dari kondisi psikologis, perkembangan otak, menstimulasi ingatan, kemampuan fokus, hingga tingkat kecemasan pada anak. Oleh sebab itu, sebaiknya pemilihan warna pada kamar anak seimbang antara beberapa warna, agar berbagai aspek tumbuh kembangnya bisa terstimulasi secara maksimal.

Lengkapi dengan pengaturan plafon dan lighting yang magical
Perspektif kamar anak perempuan dengan tema Frozen, ilustrasi dari penulis

Penataan ruang anak belum lengkap tanpa adanya pengaturan plafon dan pencahayaan. Pada inspirasi kamar Frozen pink ini, plafon didesain organik yang mencerminkan suasana langit malam di Frozen.  Plafon terbuat dari papan gipsum dengan hidden lamp di dalamnya agar timbul soft glow dari dalam. Saat malam hari, kesan magical akan timbul dari plafon sehingga anak-anak seolah sedang memandang aurora.

Pattern snowflakes di sisi dinding bagian samping, ilustrasi dari penulis

Untuk desain dinding, pola snowflakes yang simetris digunakan agar ruangan terasa lebih rapi dan pemilihan latar putih yang akan memberi efek ruangan lebih luas. Terakhir, fokus utama dari ruang ini terletak pada siluet kastil di backdrop dengan bentuk lingkaran yang bisa bersinar di kegelapan. Hal ini layaknya memberi pesan bahwa kamar tersebut adalah istana mereka dan membangun suasana nyaman. Dengan penataan kamar yang tematik seperti ini, dijamin anak akan betah untuk beraktivitas di kamarnya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan