Tips Mendekorasi Teras Depan Rumah dengan Tanaman Cantik

Teras depan merupakan bagian dari muka bangunan rumah. Teras yang indah akan memberikan persepsi yang baik terhadap sebuah rumah. Apalagi, di Indonesia teras depan kerap dimanfaatkan sebagai ruang penerimaan tamu hingga ruang bersantai keluarga. Artinya, kenyamanan teras diperlukan melalui penataan dan dekorasi yang tepat.

Dekorasi yang lumrah ditemui di teras rumah adalah tanaman. Meletakkan tanaman di teras rumah merupakan ide cerdas untuk memberikan transisi yang cantik antara rumah dengan halaman. Akan tetapi, ada kalanya kita menemui teras yang justru tidak harmoni antara tanaman dan fisik teras itu sendiri. Agar hal tersebut tidak terjadi pada teras rumah Anda, berikut beberapa tips mendekorasi teras depan rumah dengan tanaman cantik.

1. Menggunakan Pot Hias
Tanaman hias di teras rumah, hunian karya Sonny Archaul via arsitag.com

Mendekorasi teras dengan tanaman artinya akan memanfaatkan pot. Hal ini berarti pot selayaknya bisa menjadi penunjang tampilan tanaman itu sendiri. Oleh karena itu, penggunaan pot hias adalah pilihan tepat.

Namun, perlu pula diperhatikan kesesuaian antara pot dengan karakter tanaman. Kedua elemen ini harus saling mendukung dan melengkapi. Maksudnya, jika Anda memilih tanaman yang berkarakter dominan seperti berbunga lebat, pilihlah pot yang lebih sederhana atau cenderung polos. Hal ini dilakukan agar keindahan bunga pada tanaman tidak terdistraksi oleh pot yang dipakai.

2. Tata Letak yang Seimbang
Komposisi tanaman hias di teras, foto oleh Robin Jonathan, via unsplash.com

Keberadaan tanaman teras depan sejatinya tidak sama dengan keberadaan tanaman di taman. Maksudnya, tanaman hias di teras umumnya merupakan elemen pelengkap, bukan elemen utama. Sebagai elemen pelengkap, maka peletakan tanaman harus seimbang dengan elemen lainnya. Seperti pada contoh gambar di atas, tampak tanaman menjadi penghias teras di antara meja dan kursi. Tata letak tanamannya juga tidak berlebihan sehingga sedap dipandang.

3. Penyesuaian Dimensi Tanaman
Tanaman teras depan, rumah karya MIVEWORKS, via arsitag.com

Mari kita lihat foto desain teras rumah karya Miveworks di atas. Terlihat jelas bahwa karakter yang ingin ditampilkan pada rumah ini adalah tinggi atau vertikal. Hal itu tercermin dari dimensi jendela, pintu, hingga pajangan dinding di dalam rumah. Ternyata, karakter tinggi yang ingin dipersepsikan ini juga didukung dengan tanaman dan pilihan pot di bagian terasnya. Pilihan pot yang tinggi dengan tanaman yang berdaun panjang menjadikan tampilan teras tampak harmonis dengan karakter rumah.

4. Memanfaatkan Dinding
Desain rumah karya MIVEWORKS, via arsitag.com

Apakah teras depan rumah Anda terasa terlalu sempit untuk meletakkan beberapa pot tanaman? Jika iya, mengapa tidak untuk memanfaatkan dinding teras? Ya, Anda bisa memasang rak tempel di dinding teras untuk meletakkan beberapa pot tanaman. Jenis tanaman pun menjadi lebih beragam karena Anda bisa meletakkan tanaman juntai untuk memberikan efek tirai. Menariknya lagi, rak bisa dikreasikan untuk meletakkan perabot atau elemen dekoratif lain sebagai pendamping tanaman.

5. Kreasi Taman Gantung
Tanaman gantung di teras, foto oleh Kalcommodore, via pixabay.com

Selain memanfaatkan dinding, Anda yang ingin menghadirkan lebih banyak tanaman di teras depan rumah bisa mengaplikasikan taman gantung. Taman gantung merupakan istilah untuk menata taman menggunakan pot-pot yang digantung. Pada teras rumah, Anda bisa menggantung pot di sisi terluar plafon untuk memberikan efekĀ barrier/pembatas. Pilihan tanamannya juga bisa beragam termasuk jenis tanaman berdaun juntai.

6. Perhatikan Warna dan Kontras
Kontras warna pot tanaman dengan cat dinding teras, foto oleh Mariamichelle, via pixabay.com

Dalam sebuah desain, kesesuaian warna dan kontras menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Begitu pun ketika hendak mendekorasi teras depan rumah, Anda harus mempertimbangkan pilihan warna daun atau bunga tanaman agar selaras dengan warna teras. Perlu diingat pula bahwa warna hijau daun tidak selalu sama, sehingga ketika Anda menggunakan beberapa jenis tanaman harus memperhatikan keselarasan gradasi warna daun tanaman.

Meskipun terlihat sepele, tetapi mendekorasi teras depan rumah haruslah diperhatikan dengan cermat. Manfaatkan tips-tips di atas untuk insiprasi Anda ketika menciptakan teras depan rumah yang cantik dan menarik.

Related Posts

Tinggalkan Balasan