Desain Interior Apartemen Industrial dengan Beton Ekspos yang Berkarakter

Gaya industrial semakin banyak diminati oleh masyarakat. Tak hanya di rumah tapak, gaya industrial juga banyak dijumpai pada desain interior apartemen. Keindahan dari keaslian material yang digunakan untuk mengonstruksi bangunan industrial menjadi nilai tersendiri yang dicari oleh penghuninya. Material seperti beton, semen, atau batu bata ekspos pun menjadi unsur utama yang biasanya dapat kita dijumpai pada desain inetrior industrial.

TB Apartment karya Hadivincent Architects menjadi salah satu contoh desain interior apartemen industrial yang menarik untuk dibahas. Penggunaan beton ekspos sebagai material utama, menjadikan apartemen ini memiliki karakter yang khas. Mau lihat seperti apa detailnya? Yuk, kita bahas.

Beton Ekspos pada Dinding dan Lantai
Material beton ekspos untuk dinding dan lantai, karya Hadivincent Architects, via arsitag.com

Bagian dinding dan lantai pada apartemen ini didominasi oleh penggunaan beton ekspos. Dinding dan lantai dibiarkan polos untuk mempertahankan konsep bangunan industrial. Walaupun terlihat seperti belum selesai, tetapi material ini sudah diberikan pelapis khusus sebagai finishing akhir.

Selain tampilannya yang menarik dan unik, lantai dan dinding beton juga lebih kuat dan lebih hemat jika dibandingkan dengan lantai jenis lainnya. Beton terbilang sangat awet dan memiliki ketahanan yang tinggi terhadap gesekan karena bertekstur keras.

Tetap Hangat dengan Kombinasi Kayu
Nuansa hangat dari material kayu di bagian dapur dan ruang makan, karya Hadivincent Architects, via arsitag.com

Kebanyakan orang ragu-ragu untuk menggunakan beton sebagai material utama hunian karena kesan dingin dan monoton yang diberikan. Nah, untuk mengatasi hal ini, desainer TB Apartment pun mengombinasikan beton dengan unsur kayu. Material kayu tak hanya menghidupkan nuansa yang hangat dan natural, tetapi juga memperkaya karakter dari interior apartemen industrial beton.

Kayu diaplikasikan sebagai furnitur utama pada apartemen, mulai dari kitchen set, langit-langit ruangan, rak penyimpanan, hingga sofa. Warna terang dari kayu pun menambah kecerahan ruangan dan membuatnya terasa lebih nyaman.

Partisi Terbuka dari Rangka Besi
Partisi terbuka dari rangka besi pada tangga, karya Hadivincent Architects, via arsitag.com

Luas ruangan apartemen yang terbatas disiasati dengan konsep ruangan open plan. Ruang keluarga, dapur, serta ruang makan dibuat menyatu dalam satu ruangan yang sama. Namun, ada satu elemen yang menarik perhatian di ruang keluarga industrial ini, yaitu penggunaan partisi rangka besi pada area tangga.

Partisi ini pun seperti disusun sedemikian rupa sehingga memiliki ukuran yang pas sesuai dengan ukuran tangga. Partisi besi yang dibuat berongga-rongga ini membuat ruangan terlihat luas, namun tetap dapat berfungsi sebagai pemisah ruang.

Kamar Mandi Industrial yang Artsy
Perpaduan beton ekspos dan kayu untuk kamar mandi, karya Hadivincent Architects, via arsitag.com

Tak hanya pada ruang-ruang utama, material beton ekspos pun masih menjadi material utama pada kamar mandi. Tampilannya yang kasar dan unfinished membuat kamar mandi terlihat unik dan berbeda. Untuk area shower, kayu berwarna gelap diaplikasikan pada area dinding dan lantai untuk menjaga agar lantai tidak licin. Pencahayaan berwarna kuning pun menambah kehangatan serta kenyamanan dari kamar mandi, sehingga jauh dari kesan dingin.

Kamar Tidur Nyaman dengan Material Kayu
Kamar tidur nyaman dengan dominasi nuansa kayu, karya Hadivincent Architects, via arsitag.com

Berbeda dengan ruang keluarga yang didominasi oleh material beton ekspos, kamar tidur utama didesain menggunakan kayu untuk keseluruhan ruangan. Kayu membuat kamar terasa lebih nyaman, hangat, dan lebih terkesan alami.

Dominasi material kayu terang yang diaplikasikan pada dinding dan lantai berhasil mengimbangi warna beton yang dingin. Perpaduan keduanya menghasilkan desain interior industrial elegan yang terasa hangat dan nyaman. Ditambah, pencahayaan yang cenderung berkarakter kuning, menciptakan suasana redup yang seolah mendekap. Menawarkan kenyamanan untuk beristirahat dari kesibukan di luar.

Related Posts

Tinggalkan Balasan