Inspirasi Desain Pantry untuk Penyimpanan Maksimal di Dapur Rumah Anda

Konsep pantry atau yang di Indonesia lebih dikenal dengan istilah dapur bersih, sebenarnya lebih mengacu pada area atau tempat penyimpanan dapur. Penyimpanan disediakan untuk berbagai peralatan masak, bumbu dapur, hingga berbagai peralatan lain yang dibutuhkan dalam kegiatan masak-memasak.

Seiring dengan perkembangan rumah atau jenis hunian lain yang berupaya mengoptimalkan penggunaan ruang, memiliki sebuah dapur yang terintegrasi dengan seluruh bagian rumah adalah sebuah keharusan. Konsep pantry itu sendiri dapat dimanfaatkan bukan hanya untuk menjaga agar penampilan dapur tetap bersih dan rapi, namun juga dapat menghadirkan tambahan manfaat estetika ke dalam ruangan tersebut.

Beberapa desain pantry berikut menjadi contoh bagaimana Anda bisa mengatur ruangan dapur Anda agar tetap terlihat rapi dan cantik, meski ada banyak barang yang harus disimpan.

Desain Pantry Mini Model Pull Out Drawer
Desain pantry hemat ruang, via ellentuckinteriors.com

Sebagai ide penyimpanan dapur mungil, cobalah desain pantry yang memanfaatkan celah di dapur. Pantry dengan model pull-out drawer seperti ini bisa diletakkan di antara dua buah lemari. Ketika dibutuhkan, Anda tinggal menariknya keluar. Cantik dan pastinya hemat ruang.

Pantry Mini di Balik Pintu
Pemanfaatan ruang kecil di balik pintu sebagai pantry, via pinterest.com

Desain pantry berikutnya secara efisien memanfaatkan ruang kecil di balik pintu yang umumnya tidak terpakai. Untuk membuat pantry ini tampil lebih rapi dan menarik, sang pemilik menggunakan tempat penyimpanan bahan makanan yang seragam dengan warna perak

Pantry dengan Sliding Door
Pantry di dinding dengan sliding door, via homedit.com

Sebuah pantry dengan sliding door sepertinya terbilang tidak biasa. Namun, tidak bisa disangkal kalau ide penyimpanan dapur ini terbilang sangat menarik. Desain pintu sliding door yang dipergunakan bisa disesuaikan dengan selera pemilik. Mulai dari desain ala rustic dengan material kayu, atau desain ala industrial dengan penggunaan logam dan metal.

Desain Pantry Unik Berbentuk Tabung
Pantry unik berbentuk tabung, via decoist.com

Desain pantry di dapur ini terbilang unik karena dua hal, yaitu bentuk dan pintunya. Pantry dengan bentuk tabung seperti ini merupakan custom made, dan dibuat dengan menggunakan bahan kaleng bekas, lho. Unik, kreatif, dan ramah lingkungan, ya?! Sungguh ide storage dapur yang tampil beda. Desain pintunya juga menjadi unik, yakni dalam bentuk fold out yang menarik dan juga memberikan ruang yang lebih besar sebagai area penyimpanan.

Pintu Pantry yang Penuh Warna
Pintu pantry dengan warna cerah untuk menceriakan suasana, via decoist.com

Trik berikutnya untuk membuat desain pantry yang cantik adalah dengan menggunakan warna-warna cerah. Cobalah desain yang satu ini. Pintu pantry dibuat dari pintu daur ulang yang kemudian dicat kembali dengan warna merah untuk membuatnya tampil lebih menarik.

Pantry dan Wallpaper
Penggunaan wallpaper pada dinding belakang pantry, via countryliving.com

Apabila Anda memilki pantry yang terbuka seperti ini, Anda bisa membuatnya tampil lebih cantik dan menarik dengan menggunakan wallpaper ataupun berbagai jenis dekorasi dinding lainnya. Agar tampak lebih menonjol, pilihlah wallpaper atau dekorasi dinding dengan pola dan warna yang kontras dengan warna pantry itu sendiri.

Pantry di Balik Meja
Pantry cantik di balik meja, via diynetwork.com

Ide desain pantry selanjutnya terbilang cerdik dengan menempatkannya di balik meja. Dengan begini, meja tersebut menawarkan fungsi ganda kepada pemiliknya. Yaitu, sebagai meja untuk menempatkan barang atau menyajikan makanan, dan pada saat yang bersamaan sebagai tempat untuk menyimpan semua bahan makanan yang ada.

Kini Anda sudah mengetahui berbagai contoh pantry yang memanfaatkan ruang tersembunyi yang ada di rumah. Anda mesti pintar-pintar menata ulang area yang kiranya berpotensi sebagai pantry penyimpanan. Coba perhatikan, mungkin selama ini ada area dalam rumah yang terbengkalai, dan cobalah segera dialihfungsikan menjadi pantry yang cantik dan rapi!

Related Posts

Tinggalkan Balasan