Inspirasi Desain Taman Belakang Rumah Mungil yang Super Keren

Memiliki rumah dengan taman belakang yang cukup luas merupakan suatu anugerah tersendiri bagi pemiliknya. Namun sayangnya, tidak semua orang seberuntung itu. Apalagi bagi penduduk kota besar, sisa lahan untuk taman rumah sering kali sangat terbatas. Alhasil, taman belakang rumah hanya berdimensi kecil alias mungil.

Menghadapi kondisi taman belakang rumah yang mungil tentu memiliki tantangan tersendiri. Diperlukan perancangan dan penataan yang bijak agar lahan tidak terkesan sempit dan tetap nyaman untuk ditempati. Sebagai referensi, berikut beberapa inspirasi desain untuk taman belakang rumah mungil agar tampil keren. 

1. Area tanam di satu sisi
Taman rumah mewah, karya Emporio Architect, via arsitag.com

Keterbatasan lahan artinya Anda harus memikirkan area tanam yang tepat agar taman tetap terlihat luas. Hal tersebut bisa diatasi dengan melakukan pola penananam berkelompok, atau menanam tanaman semak dan pohon di satu sisi saja. Sedangkan, area lainnya bisa dimanfaatkan untuk groundcover seperti rumput atau hardscape seperti path way.

2. Taman kering
Taman kering dan pohon minimalis, karya DForm, via arsitag.com

Ide taman belakang tak melulu soal banyaknya tanaman. Taman juga bisa didominasi oleh pasir, batu, dan kerikil. Konsep taman seperti ini dikenal sebagai taman kering. Meskipun begitu, keberadaan tanaman juga diperlukan agar tetap rindang dan nyaman untuk ditempati.

Sebagai referensi, lihatlah taman karya DFORM di atas. Taman kering tampak sangat unik dengan dominasi warna putihnya. Keberadaan pohon menjadi kontras sekaligus memberi nilai estetika. Selain itu, taman seperti ini juga cocok untuk Anda yang tidak memiliki waktu banyak untuk merawat tanaman.

3. Minimalisasi tanaman
Taman rumah minimalis modern, karya SUBA-Arch, via arsitag.com

Area yang kecil memaksa Anda untuk tidak memakai terlalu banyak tanaman di taman belakang. Taman minimalis belakang rumah seperti ini menjadi solusi paling sederhana yang bisa dilakukan untuk membuat taman tetap terlihat luas. Sebagai penunjang kesan natural, Anda bisa menambahkan elemen alami lainnya seperti batu alam.

4. Ruang santai dengan tanaman pot
Berbagai tanaman untuk suasana tropical, foto oleh Sonnie Hiles, via unsplash.com

Meskipun Anda memiliki taman belakang yang sempit, Anda tetap bisa menjadikannya sebagai ruang bersantai, lho. Tempatkan kursi dan meja, serta dihiasi taman pot. Taman pot maksudnya adalah menempatkan tanaman di pot-pot atau kontainer. Mewujudkan taman pot juga akan mempermudah Anda ketika menata taman dan mengatur ulang posisinya. Lebih dari itu, kebersihan taman juga bisa lebih terjaga.

5. Memanfaatkan ruang vertikal
Tanaman vertikal untuk taman estetik, foto oleh Camille Brodard, via unsplash.com

Ruang terbatas bukan menjadi halangan untuk menciptakan taman belakang yang rimbun. Ide taman belakang berikutnya mengajak Anda berkreasi dengan membuat taman vertikal. Baik dengan menata pot di dinding, ataupun membuat struktur khusus untuk tanaman rambat. Untuk jenis tanamannya, cobalah menanam tanaman rambat dinding seperti jenis dolar-dolaran atau bisa pula dengan menggunakan tanaman juntai seperti li kuan yu.

6. Taman kolam ikan
Kolam ikan semi outdoor, hunian karya Donny Steven Massie, via arsitag.com

Meskipun areanya sempit, bukan berarti Anda dilarang membuat taman kolam ikan di taman belakang, lho. Contoh saja apa yang dilakukan oleh arsitek Donny Steven pada karyanya di atas. Tampak area yang tidak begitu luas bisa didesain menjadi kolam berserta dek untuk bersantai. Disediakan juga area tanam, yakni pada bagian atas dari fitur air.

7. Kolam renang di taman belakang sempit
Kolam renang dengan taman gaya tropis, foto oleh Shawn Ang, via unsplash.com

Menjadikan lahan di taman belakang yang mungil sebagai kolam renang sangat menarik untuk dicontoh. Tentunya, hal ini akan membuat taman belakang rumah Anda menjadi lebih fungsional. Sedangkan untuk area hijau, coba tempatkan di sisi dinding dengan memanfaatkan tanaman yang berdimensi vertikal agar tetap terlihat rimbun.

Meskipun memiliki tantangan yang cukup spesial, namun menciptakan taman belakang rumah mungil menjadi super keren bukanlah hal mustahil. Jadikan contoh ide di atas sebagai referensi yang semakin membuka imajinasi Anda ketika menciptakan taman belakang impian di rumah.

Related Posts

Tinggalkan Balasan